Thursday 9 February 2017

Pantai Cemara Lombok Timur, Pantai Di Tepi Jalan

Salah satu cara menikmati pemandangan di Pantai Cemara dari berugak

Kabupaten Lombok Timur memiliki destinasi wisata yang luar biasa menawan dan beragam. Dari utara hingga bagian selatan. Bagian utara yang identik dengan hawa pegunungan yang sejuk dan bagian selatan lombok timur dengan pantainya yang mempesona. Misalnya wisata yang terkenal di lombok timur bagian utara yakni sembalun, sedangkan bagian selatan seperti pantai pink dan tanjung ringgit.
Kali ini saya akan membahas pantai yang cukup sepi dan tidak banyak yang ketahui oleh para wisatawan yakni pantai cemara di Lombok Timur. Pantai ini seperti namanya pantai cemara, ditumbuhi dengan pohon-pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai. Walaupun pohon cemara yang tumbuh di pantai ini sekarang tidak sebanyak dahulu, akan tetapi pantai ini masih menjadi tujuan wisata yang asik bagi para wisatawan yang ingin meihat keindahan pantai yang masih perawan. Pantai ini masih sepi dan tidak terlalu banyak pengunjung padahal dibandingkan dengan pantai-pantai di Jerowaru Lombok Timur lainnya pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling dekat dan stratgis selain itu akses jalannya juga cukup memadai.

Pantai Cemara berpasir putih berwarna hijau dan biru tosca
Pantai cemara terletak di desa Serewe kecamatan Jerowaru kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini berada satu jalur dengan pantai serewe dan pantai kaliantan (tempat perayaan bau nyale di Lombok Timur). Apabila kita berangkat dari kota Mataram melalui jalur selatan, jalur yang kita lewati yakni dari Mataram-Praya-Ganti dan Jerowaru dengan waktu tempuh kira-kira 2 jam hingga 2 jam setengah perjalanan. Sedangkan kita butuh waktu sekitar 40 menit hingga 1 jam lebih perjalanan apabila berangkat dari kota selong Lombok Timur dengan rutenya yakni Selong-Sakra-Sakra Barat-Keruak dan Jerowaru. Jika anda takut tersesat di jalan jangan kuwatir karena sudah terpasang petunjuk arah di beberapa tempat menuju ke tempat wisata di sekitar daerah Jerowaru. Selanjutnya apabila kita sudah sampai Jerowaru di pertinggaan seperti pada gambar dibawah ini maka, jika kalian datang dari barat arah kota Mataram hendaknya belok ke kanan dan belok ke kiri apabila datang dari timur arah kota Selong. Hingga sampai pada pertigaan menuju ke arah pantai Pink, dimana untuk ke pantai cemara kita tidak perlu berbelok akan tetapi kita jalan lurus saja hingga bertemu dengan ujung jalan persimpangan terdapat pantai di tepi jalan dengan banyak pohon cemara menjulang itulah pantai Cemara.

Sesampai di sana kita akan disuguhi dengan pemandangan pohon cemara yang menjulang tinggi dan tanaman liar disekitar pasir pantai. Kita bisa memarkirkan kendaraan atau sepeda motor di bawah pohon cemara dan membayar 5 ribu kepada penjaga parkir. selanjutnya kita butuh berjalan ke dalam lagi untuk melihat indahnya pantai ini. Di sekitar pantai ada beberapa berugak yang menjadi tempat para wisatawan berdiam dan berteduh menikmati keindahan pantai. walaupun minim fasilitas tapi pantai ini cocok buat kamu yang pingin dengan suasana pantai yang tenang dan indah. Di sekitar kawasan pantai ini terdapat juga pantai-pantai yang lain, seperti pantai Serewe dan pantai Galeri yang berada tidak jauh dari pantai cermara hanya beberapa puluh meter saja kok. Pantai-pantai indah di Lombok memang tidak ada habisnya. Pada kesempatan lain saya akan menuliskan tentang pantai-pantai lainnya ya. 

Masih tentang pantai Cemara, ombak di pantai ini tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil juga sehingga aman bagi keluarga yang ingin berlibur membawa anak-anaknya setidaknya untuk berendam di pantai. Sebenarnya pantai ini adalah pantai nelayan karena beberapa nelayan ada yang memarkirkan perahunya di sisi-sisi pantai. Selain itu juga di pantai ini terdapat rumput laut sehingga kadang-kadang para wisatawan bisa membawa pulang rumput laut untuk jadi bahan sayur di rumah hehe. Dari kejauhan terlihat pantai ini menjorok ke daratan. Jadi kalau dilihat sebenarnya pantai ini seperti sebuah teluk.

bersama teman-teman saya mencari rumput laut untuk dibawa pulang :D
Selain itu, pantai ini belum ada yang menjual makanan atau semacamnya jadi disarankan untuk membawa bekal sendiri jika ingin berlama-lama menikmati pantai dengan pasir putih tersebut. Pantai ini berwarna hijau toska dan sangat indah dipandang mata, selain itu disisi kanan pantai ini terdapat tebing sehingga bagus untuk spot photo-photo. Jangan kuwatir kehabisan spot buat photo-photo ya. Itu merupakan hal wajib dilakukan kalau berkunjung ke tempat-tempat indah. Sayang juga kalau tidak diabadikan dengan berselfie ria bersama teman-teman bukan?! hehe 

Nah bagi kamu yang membawa bekal sendiri nih jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya ya atau sampahnya dibawa pulang saja hehe. Pantai ini masih bersih dari sampah-sampah. Jadi bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai cemara ini mohon jaga kerbersihan. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Subhanallah. J [Re]
Tebing di Pantai Cemara

2 comments:

  1. Waaa...thanks infonya. Catet dulu ah 😊

    Salam kenal,
    Tatat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay Tatat sama2... Yuuk ke Lombok! Thanks ya for visiting 😊
      Salam kenal blik...

      Delete